Nih blog cocok buat q nyimpen artikel (arsip) online..

Gimphoto Alternatif Photoshop Gratis

| 09 June 2011
Gimphoto
Setelah sebelumnya saya membahas secara umum tentang GIMP dan sekilas tentang GimShop, kini saya akan coba share tentang GimPhoto yang memberikan kita pilihan untuk lebih maksimal dengan GIMP tentunya dengan kelebihan yang ditawarkan oleh GimPhoto.

GimPhoto adalah GIMP dengan perubahan tata letak menu yang baru, banyak pilihan plugin, dan banyak sumber daya tambahan untuk lebih profesional sebagai tampilan dan nuansa retouching foto digital dan paket aplikasi editing gambar.GimPhoto berlisensikan GPL.

Pada saat ini versi terakhir GimPhoto adalah 1.4.3 dengan basic GIMP 2.4.3, Layout Menu seperti Photoshop, Rendering Menu Cepat, Icon Toolbox besar, Menggunakan Vista Gray Themes, Include lebih dari 20 plugins dan Brushset + Gradientset baru untuk Windows 2000, XP, Vista dan Linux tentunya.
 
Kehadiran GimPhoto dilatarbelakangi oleh banyaknya pengguna GIMP yang membahas bagaimana harus memperbaiki GIMP sebelum dapat digunakan sebagai alternatif Photoshop yang gratis sehingga GimPhoto memklaim diwebsitenya GimPhoto – free Photoshop alternative for photo and image editor
Instalasinya mudah, untuk paket ubuntu/debian sudah tersedia begitupun paket linux installer sehingga bisa kita implementasikan untuk beberapa Operating Sytem seperti Windows, Linux maupun Portable.
Dalam tulisan ini saya hanya membahas di Ubuntu saja, untuk OS lain mestinya konsepnya sama 
  1. Install dengan GDebi Package Installer atau double click namapaket.deb
  2. GimPhoto bisa dibuka di Terminal dengan perintah /usr/local/gimphoto/gimphoto.sh atau buat shortcut di Desktop dengan cara Klik kanan di Desktop -> Shortcut Launcher.
Name : GimPhoto
Description : GimPhoto Image Editor
Command : /usr/local/gimphoto/gimphoto.sh
Comment : Program Editor Gambar
Hmm .. setelah ada yang free, masih betah pake yang bazaxan ?? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ..

0 komentar:

Post a Comment